Memperbaiki Android Rusak ” Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” – Masalah ini sering sekali terjadi dan pasti kamu yang mengalaminya akan cukup kebingungan. Bayangkan aja, ketika sedang butuh mengakses salah satu aplikasi tapi aplikasi tersebut seperti error atau crash dan muncul notifikasi ‘Sayangnya aplikasi telah berhenti‘ pada smartphone android.

Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti
Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Namun sebenarnya kamu gak perlu khawatir kok! Karena masih ada cara untuk memperbaiki android rusak dengan masalah seperti diatas. Tapi, sebelum kita bahas cara selengkapnya terlebih dahulu kamu harus tahu apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab masalah ‘Sayangnya aplikasi telah berhenti‘ pada android? Oke, simak ulasan dari tim PutraTekno berikut ini!

Penyebab ‘Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti’ di Android

Notifikasi ini terkadang juga akan muncul dengan kalimat Unfortunately app has stopped, tapi artinya sama aja sih! Bedanya hanya bahasa saja. Notif diatas biasanya akan mucnul kettika kamu menggunakan format bahasa Inggris pada smartphone android yang rusak tersebut.

Masalah ini terjadi karena beberapa sebab, yakni

1. RAM android yang penuh

Kamu harus tahu berapa kapasitas RAM pada perangkat smartphonemu, sebelum mendownload banyak aplikasi dan menggunakannya. Keterbatasan kapasitas RAM tentu akan menjadi penghambat dalam pemakaian aplikasi. Apalagi jika aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi yang selalu berjalan otomatis di latar belakang android.

Keterbatasan RAM inilah yang membuat smartphone kamu lambat memproses data dari aplikasi. Dan klimaksnya, aplikasi akan crash karena RAM tak memiliki cukup ruang lag untuk memprosesnya.

2. Cache Menumpuk

Setiap aktifitasmu menggunakan smartphone pasti akan meninggalkan jejak, nah jejak inilah yang disebut dengan cache. Sama seperti barang bekas, kalau tidak pernah dibersihkan maka file cache akan menjadi sampah yang menumpuk dan memberatkan kinerja smartphone.

Baca Juga :   Cara Video Call Grup WhatsApp, Udah Tahu Belum? Simak Ya...

3. OS Tidak Support dengan Aplikasi 

Masalah selanjutnya, bisa saja versi OS android yang kamu gunakan tidak compatible dengan minimum spesifikasi utnuk menjalankan aplikasi tersebut. Jadi, mau diapain juga palikasi tak akan bisa berjalan.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Setelah kamu tahu penyebab masalah Sayangnya aplikasi telah berhenti di android. Tentu kamu sudah akan bisa mengira-ngira, apa yang harus dilakukan untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini PutraTekno bakal kasih tahu ke kamu cara ampuh untuk mengatasi masalah Sayangnya aplikasi telah berhenti pada smartphone android.

1. Stop Aplikasi yang Running di Background

Nah, sudah tahu alasannya kenapa kamu harus menghapus semua proses aplikasi yang berjalan di latar belakang? Yang jelas, cara ini harus kamu lakukan untuk bisa melegakan ruang RAM pada smartphone androidmu. Beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan akses cepat untuk menghapus proses aplikasi yang berjalan di background sistem android. Klaau belum ada, kamu bisa download aplikasi hibernasi seprti hibernator di playstore.

2. Hapus Cache serta Data Aplikasi

Agar penyimpanan smartphonemu tidak dipenuhi dengan dile sampah dan data dari aplikasi yang tidak penting. Kamu juga harus secara rutin memeriksa penyimpanan file cache serta dta aplikasi. Hapus secara berkala!

3. Cek Memory Penyimpanan

Bisa jadi aplikasi kamu tidak bisa terbuka karena ada kesalahan yang terjadi pada memory. Kasus ini biasa terjadi pada aplikasi yang penyimpanannya berada pada memory eksternal. Matikan dulu androidmu, cabut memory cardnya, lalu coba nyalakan kembali.

4. Reboot Android

Setelah melakukan ketiga cara diatas, selanjutnya restart atau reboot dulu smartphone kamu. Baru setelah smartphone nyala kembali, kamu bisa mencoba membuka lagi aplikasi yang bermasalah tersebut.

Baca Juga :   5 Gadget Teknologi Masa Depan Sudah Ditemukan, Siap-siap!!

5. Re-install Aplikasi

Kalau keempat cara diatas sudah kamu lakukan tapi hasilnya masih ZONK. Coba instal ulang aplikasinya. Sebelum menginstall ulang aplikasi tentu kamu harus menguninstallnya dulu.

Siapa tau aplikasi butuh update, tapi notif update terlewat dan kamu tidak menyadarinya. Degan menginstall ulang aplikasi tentu aplikasi yang kamu install tadi akan otomatis upgrade ke versi teraru.

6. Update OS

Bisa jadi OS android kamu versinya tidak compatible, jadi ketika kamu menjalankan aplikasi untuk versi android diatasnya pasti akan selalu muncul notif Sayangnya aplikasi telah berhenti. Solusinya adalah dengan meng-upgrade OS ke versi yag terbaru. Jika tetap idak compatible, ya lupakan saja aplikasinya ganti sama yang lain.

7. Reset Pabrik

Masalah terjadi tak hanya pada satu aplikasi, bahkan semua aplikasi yang terinstal. Bisa jadi smartphonemu telah terinfeksi virus atau rusak. Solusi terakhis untuk mengatasi masalah Sayangnya aplikasi telah berhenti adalah dengan cara mereset pabrik smartphone androidmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here