Fungsi Nomor IMEI Pada Smartphone, Penting Banget Loh!

0
18
Nomor IMEI Pada Smartphone
Nomor IMEI Pada Smartphone

Fungsi Nomor IMEI Pada Smartphone – Sebenarnya, gak cuma smartphone aja sih yang ada nomor IMEI pada setiap perangkatnya. Bahkan setiap telepon seluler, yang canggih sampai yang jadul sekalipun pasti punya nomor IMEI sendiri-sendiri. Begitupun juga pada ponsel atau smartphone yang saat ini kamu pakai! Pasti ada nomor IMEInya.

Lalu, apa sih sebenarnya nomor IMEI pada smartphone itu? Terus fungsinya buat apaan? Kira-kira penting gak, ya? Oke, santai bro/sis! Kita jawab satu-satu pertanyaanmu. Mulai dari sini, ya!

Apa Itu Nomor IMEI pada Smartphone

Nomor IMEI Pada Smartphone
Nomor IMEI Pada Smartphone

Oke, sebagai pembuka kita kasih tahu ke kamu ya! IMEI itu sebenarnya adalah satu singkatan, yang mana artinya adalah International Mobile Equipment Identity. Nomor berderet yang biasanya berupa 15 sampai 16 digit angka ini ibaratnya kayak aktenya si smartphone atau ponsel kamu tersebut.

Para operator seluler menggunakan nomor IMEI tersebut untuk mendata dan mengidentifikasi perangkat telepon yang menggunakan akses jaringan melalui provider mereka.

Bukan hanya dengan HP merk lainnya, bahkan setiap perangkat dengan merk dan type yang sama pun masing-masing memiliki nomor IMEI yang berbeda. Lalu, sebenernya apa sih fungsi dari nomor IMEI itu sendiri, tentu selain yang sudah dijelaskan diatas? Oke, lanjut ke bahasan berikutnya ya!

Fungsi Nomor IMEI pada Smartphone

Memang sungguh disayangkan, banyak sekali diantara para pengguna smartphone yang masih menganggap bahwa nomor IMEI pada smartphone itu hanya pelengkap saja. Mereka bahkan tidak menyadari kalau sebenarnya IMEI memiliki peran yang cukup penting, termasuk untuk penggunaan smartphone dan ponsel itu sendiri.

Kamu akan sangat butuh nomor IMEI ketika kamu kehilangan smartphone atau telepon selulermu. Entah karena hilang, lupa taruh, jatuh dijalan, atau dicuri orang, selama kartu SIM yang masih terpasang kamu bisa melacak keberadaannya. Caranya adalah dengan pergi ke gerai operator seluler yang kamu gunakan, lalu berikan data nomor kartu provider serta angka IMEI ponselmua, dan mereka akan mulai mengidentifikasi keberadaannya. Keren, kan?

Baca Juga :   Cara Cek HP Android Bekas Sebelum Beli Tanpa Bongkar, Biar Kamu Gak Ketipu

Selain itu, kalau nomor IMEI ini hilang dari perangkatmu, kamu tak akan bisa menggunakan ponsel untuk layanan komunikasi lagi. Kasus ini sering terjadi pada perangkat smartphone, terutama android. Kasus IMEI null atau hilang pada android umumnya terjadi karena kesalahan sistem, entah karena melakukan proses rooting atau yang lain.

Ponsel yang kehilangan nomor IMEI atau nomor IMEInya tak terlacak, maka tidak akan lagi mendapatkan izin untuk mengakses jaringan provider. Itu artinya, smartphone atau ponsel kamu tidak akan lagi bisa mendapatkan sinyal, baik sinyal seluler maupun sinyal untuk jaringan internet. Lhah! Jadi kalkulator dong hapenya.

Udah, tahu kan sekilas tentang fungsi penting IMEI pada smartphone? So, coba deh kamu cek IMEI kamu sekarang. Berikut ini juga kita kasih tahu bagaimana cara cek IMEI pada smartphone, baik android maupun iPhone.

Cara Cek nomor IMEI pada Smartphone Android & iPhone

Oke, pertama kita kasih tahu dulu cara cek IMEI di smartphone android, ya! caranya gampang banget sih, kamu bisa dengan mudah cek nomor IMEI di android dari menu setting, lalu masuk ke opsi About Phone. Pada beberapa android tertentu nomor IMEI sudah bisa kamu lihat di menu tersebut. Tapi kalau ternyata tak ada, coba kamu masuk pada opsi Status di menu About Phone atau Tentang ponsel tadi. Nah, disitulah kamu bisa mengetahui berapa nomor IMEI smartphone android kamu.

Cara lainnya yang lebih praktis, buka menu panggilan telepon. Lalu ketikkan kode USSD pada papan dial pad, yakni *#06#. Ada juga cara lain, tapi kamu harus matikan dulu ponselnya, lalu lihat pada body yang terletak pada bagian baterai smartphone. Disana juga tercantum nomor IMEI untuk smartphonemu.

Pemanggilan kode USSD *#06# diatas juga bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI pada smartphone jenis iPhone. Kalau gakbisa, cek aja pada cassing belakang hapemu, tepat dibawah logo dan tulisan iPhone ada angka dan huruf kecil-kecil. Nah, salah satunya adalah nomor IMEI yang ada pada smartphone kamu tersebut.

Baca Juga :   Pasti Hemat! Inilah 5 Tips Membeli Smartphone Murah Berkualitas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here