Shockwave Player Tidak Mendapat Dukungan Mulai 9 April 2019!

0
22
Shockwave Player Tidak Mendapat Dukungan Mulai 9 April 2019!
Shockwave Player Tidak Mendapat Dukungan Mulai 9 April 2019!

Kabar mengejutkan mengabarkan kalau perusahaan Adobe akan berhenti mensupport Adobe Shockwave, yaitu sebuah platform browser yang berguna untuk menjalakan game dan aplikasi browser interaktif, tanggal 9 April 2019.

Kabarnya Adobe secepatnya akan menghilangkan link download untuk Shockwave Player pada tanggal 9 April 2019 dari situsnya. Namun, buat mereka yang berlangganan paket Enterprise akan terus mendapatkan dukungan sampai kontrak berakhir.

Alasan Adobe menghentikan dukungan ini adalah adanya teknologi alternatif lain.

Seiring perkembangan teknologi dan penggunaan perangkat seluler, konten interaktif saat ini lebih menggunakan platform HTML5 Canvas dan Web GL dan sepertinya penggunaan Shockwave sudah mulai menurun.

Buat kamu yang belum tau saja, platform Shockwave ini merupakan format yang digunakan untuk project berbasis CD-ROM dan merupakan format video game di situs game online. Selain itu, Adobe Flash Player sendiri menempatkan Shockwave di backburner karena fitur yang tidak di dukung platform Shockwave. Adobe sudah benar-benar yakin untuk menghentikan dua aplikasinya yaitu Adobe Director dan Adobe Shockwave Player untuk pengguna MAC di tahun 2017 lalu. Versi Windows sendiri Shockwave Player adalah versi konsumen terbaru yang masih di dukung Adobe.

Berakhirnya dukungan Adobe untuk Shockwave ini berarti semua konten Shockwave tidak akan berfungsi lagi setelah tanggal 19 April 2019 mendatang. Platform Shockwave ini tidak lagi bisa di unduh dari situs resminya Adobe, tapi jika masih terdapat file instalasinya kamu bisa memakainya untuk memutar konten yang memerlukan Shockwave.

Mulai tanggal 9 April 2019 nanti Adobe tidak akan mendukung Shockwave lagi tapi mengecualikan lisensi Enterprise yang sebelumnya masih berlangganan. Selain itu walaupun setelah tanggal 9 April 2019 Adobe sudah menghentikan dukungannya untuk perangkan Shockwave, kamu masih bisa mengunduhnya dari situs pihak ketiga.

Rekomendasi artikel menarik buat kamu:

Selain itu, ada informasi lain yang menginformasikan bahwa Adobe akan menghentikan dukungannya untuk produk Flash di bulan Desember 2020 mendatang. Kemudian, semua pengembang browser akan mengumumkan bahwa Adobe Flash tidak mendapatkan dukungan lagi pada bulan Desember 2020 mendatang.

Jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar.

via Adobe

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here