Waspada, HP Baru Sekarang Rawan Disadap!

0
35

PutraTekno | Era modern saat ini, menyadap HP hanya dengan bermodal software saja sudah cukup. Apalagi video tutorial di internet sudah banyak tersebar yang membuat remaja semakin berani untuk ber experimen, dan melakukan hal yang cukup menjengkelkan!

Mereka bisa menyadap semua kegiatan yang kamu lakukan. Seperti menyadap panggilan , data, SMS, atau bahkan chattingan kamu. Ini tentu berbahaya kalau kamu mempunyai privasi di dalamnya.

Jika benar penyadapan itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kamu bisa mencegahnya dengan cara ini :

Cara Mencegah Penyadapan Oleh Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab

Sebelum mengetahui cara mengatasinya sebaiknya kamu cek dulu apakah ponsel kamu disadap atau tidak. Caranya adalah sebagai berikut:

Ketik *#21# atau *#61# lalu call menggunakan simcard yang kamu curigai.

Ketik *#21# atau *#61#
Ketik *#21# atau *#61#
call forwadding
call forwadding

Jika tulisannya seperti diatas not forwarding atau tidak diteruskan, brarti ponsel kamu tidak disadap. Namun jika disana tulisannya forwading atau diteruskan bisa di pastikan panggilan, data dan sms kamu sedang disadap. Bisa juga yang muncul adalah nomer telefon yang tidak dikenal.

Nah jika terlanjur sudah disadap orang, kamu bisa memblokirnya dengan Cara ini :

1. Ketik *#002# lalu call/ok

Ketik *#002# lalu call/ok
Ketik *#002# lalu call/ok

Nah segala fitur dari forwading akan dihentikan. Kamu akan mendapatkan notif seperti ini

Call forwading erasure was successful. Sekarang semua panggilan, data, sms dan chattingan kamu sudah tidak disadap orang lagi.

Bagaimana Kalau HP Kamu Disadap Kepolisian CyberCrime?

Kasus ini sangat ramai terjadi, dimana sistem Big Data Cyber Security (BDCS) tertanam di ponsel kamu. Sistem ini dipelopori Wantas RI yang mengambil semua informasi internet di seluruh indonesia.

Sistem ini jika tertanam di ponsel kamu semua data chattingan dari aplikasi WhatsApp, Line, BBM otomatis masuk di database BDCS. Tapi fitur ini masih belum terintegrasi di semua ponsel. Nah untuk mengetahui apakah sistem ini sudah terinstall di ponsel kamu apa belum kamu bisa menggunakan cara ini:

Baca Juga :   Fungsi Nomor IMEI Pada Smartphone, Penting Banget Loh!

1. Ketik *#06# lalu call/ok

Ketik *#06# lalu call/ok
Ketik *#06# lalu call/ok

Kalau yang muncul nomor imei saja berarti HP kamu aman dari system BDCS. Jika muncul angka /01 atau /02 di akhir imei kamu berarti HP kamu sedang di pantau kepolisian CyberCrime. Intinya kalau ada tulisan /01 atau /02 di akhir IMEI kamu berarti kamu sedang disadap kepolisian CyberCrime.

Jika kamu mengalami masalah seperti ini, tidak ada solusinya. Karena ini sudah menjadi peraturan dari kepolisian CyberCrime.

Jadi jangan sembarangan mengirim pesan lewat chatting atau bisa-bisa kamu terciduk sama polisi CyberCrime.

Sekali lagi mulai sekarang untuk teman-teman semua. Hindari chattingan yang mengumbar kebencian, pornography, hal yang berkaitan dengan negara dan sara, chatting yang positif saja hindari hal-hal yang negatif.

Polisi internet atau CyberCrime akan melacak sumber pengirim yang melanggar kode etik tersebut sampai ketemu.

Nah buat semua yang baca artikel ini mari saling mengingatkan untuk menghindari chattingan negatif dengan menshare artikel ini.

Sekali lagi jangan sampai berurusan dengan polisi internet. Hal sepele yang kamu anggap guyonan kamu bisa saja terjerat di meja hijau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here